Home » » Kejadian Hilangnya Pesawat Secara Misterius

Kejadian Hilangnya Pesawat Secara Misterius

Written By Unknown on Jumat, 21 Maret 2014 | 04.41

Rentetan kejadian hilangnya pesawat secara misterius yang pernah terjadi di dunia ini dan masih belum bisa dipastikan penyebabnya. Beberapa waktu lalu lenyapnya sebuah pesawat terjadi lagi yaitu maskapai Malaysian Airlines pada Sabtu hilang bak ditelan bumi. Pesawat jenis Boeing 777 yang katanya memiliki teknologi tercanggih itu mendadak hilang dari pantauan radar setelah terbang dari Kuala Lumpur. Berikut ini adalah kasus hilang pesawat yang sangat misterius.

Tragedi Adam Air di Selat Majene
Hilangnya pesawat Adam Air 574 tujuan Manado pada 1 Januari 2007, menjadi tamparan keras bagi industri penerbangan Indonesia yang mereformasi dalam skala besar soal mutu keselamatan penerbangan Indonesia. Pesawat itu dinyatakan hilang di perairan selat Majene. Sebulan lamanya pencarian dilakukan tetapi berakhir nihil. Baru pada 26-27 Agustus 2007, kotak hitam pesawat ditemukan. Lalu pada Mei 2009 pemerintah mengumumkan bahwa penyebab hilangnya Adam Air itu karena mesin yang rusak dan pilot yang tak mengetahuhi akan terjadinya musibah.

Misteri Kode Morse di Andes
Sebuah Pesawat milik British South American Airways (BSAA) dilaporkan hilang dalam penerbangannya dari Buenos Aires (Argentina) ke Santiago (Chile) 2 Agustus 1947. Pesawat yang dipiloti Reginald Cook itu, tiba-tiba putus kontak di sekitar pegunungan Andes setelah mengirim kode morse aneh yang berbunyi 'STENDEC'. Sampai saat ini belum ada yang tahu maknanya. Hingga akhirnya pada tahun 1952, pendaki gunung di Andes menemukan puing-puing pesawat di glacier yang meleleh sehingga spekulasi baru muncul bahwa pilot saat itu dalam jarak pandang rendah yang membuat pesawat menukik ke pegunungan yang tertutup awan.

Air France 447
Pesawat jenis Airbus A330 milik maskapai Air France dengan nomor penerbangan 447 yang terbang dari Rio de Janeiro ke Paris dilaporkan jatuh di samudera Atlantik dan menewaskan 228 penumpang di dalamnya. Lima hari lamanya tim SAR dari udara dan laut berupaya untuk menemukan dan mengumpulkan puing-puing A330 tersebut. Setelah melakukan penyelidikan yang memakan waktu 3 tahun lamanya, barulah diketahui bahwa pesawat itu tiba-tiba menghilang secara misterius karena kondisi es yang langsung mengkristal dan membuat autopilot rusak.

Kutukan Penerbangan 191
Selama lebih dari 40 tahun terakhir banyak pesawat dengan kode penerbangan 191 yang hilang di udara atau mengalami kecelakaan mengerikan sehingga menjadi misteri yang tak terpecahkan. Yang paling fatal adalah pada 1979 yang dialami maskapai American Airlines yang jatuh tiba-tiba setelah lepas landas di Chicago dan menewaskan 258 penumpang dengan 13 kru pesawat. Kutukan penerbangan 191 juga pernah menimpa pesawat maskapai JetBlue Airways pada tahun 2012, di mana seluruh pilot tiba-tiba mengalami serangan panik misterius saat terbang. Kamu percaya?

Penerbangan 19 di Segitiga Bermuda
Tanggal 5 Desember 1945, sebuah pesawat dalam sesi latihan angkatan laut Amerika Serikat mendadak putus kontak dan mengawali legenda hilangnya pesawat di Segitiga Bermuda. Pesawat yang berkode penerbangan 19 itu terbang dari pangkalan angkatan laut di kota Fort Lauderbale, Florida, Amerika Serikat. Satu setengah jam terbang, Pilot melaporkan bahwa timnya kesulitan dalam menentukan antara langit dan laut yang mendadak tampak sama. Pilot itu lalu melaporkan lagi jika seluruh perangkat navigasinya tak berfungsi dan langsung putus kontak. Pesawat yang membawa 13 awak itu sampai sekarang tidak diketahui nasibnya.

Flying Tiger 739 Yang Menghilang
Pada tanggal 16 Maret 1962, satuan militer Lockheed Super Constellation menyewa sebuah pesawat Flying Tiger untuk membawa mereka dari Guam menuju Filipina. Namun rupanya pesawat itu sama sekali tak pernah sampai di Filipina, hilang secara misterius bak ditelan bumi dan tak pernah terlihat lagi. Puing-puing dari pesawat Flying Tiger dengan nomor penerbangan 739 itu secuilpun tak pernah ditemukan. Pencarian terhadap pesawat itupun dihentikan dan 107 penumpang yang ada di dalamnya dinyatakan hilang serta diperkirakan sudah tewas.

Star Ariel Hilang di Segitiga Bermuda
British South American Airways (BSAA) kembali di guncang tragedi. Salah satu armadanya bernama Star Ariel hilang di peraian Segitiga Bermuda. Sama seperti pilot angkatan laut Amerika Serikat dalam pesawat berkode penerbangan 19 di atas, Pilot BSAA tersebut juga melaporkan bahwa dia sulit membedakan antara langit dan daratan. Star Ariel sendiri terbang dari Jamaika pada tanggan 17 Januari 1949 dengan membawa penumpang sebanyak 20 orang beserta kru. Hingga saat ini, tak ada yang tahu kemana hilangnya Star Ariel yang bak ditelan bumi itu.

Egypt Air 990
Hilangnya pesawat Egypt Air dengan kode penerbangan 990 yang lepas landas dari bandara John F Kennedy di New York pada 31 Oktober 1999 silam itu sampai kini masih misterius. Pesawat jenis Boeing 767 tujuan Kairo-Mesir itu putus kontak dan jatuh di perairan samudera Atlantik. 217 penumpang dan kru dinyatakan tewas. Dilaporkan bahwa Gamil el-Batouty, kopilot Egypt Air 990 adalah penyebab hilangnya pesawat itu di mana dalam kotak hitam yang merekam tindakan Gamil yang pergi ke toilet pesawat sambil berujar 'Saya berserah diri kepada Tuhan' setelah akhirnya Gamil mematikan kontak autopilot dan pesawat hilang dari radar karena jatuh ke laut.

Jatuhnya Penerbangan 571 di Andes
Pesawat Uruguayan Air Force yang disewa dan memuat 45 orang penumpang tim rugby nasional Uruguay pada akhir tahun 1970-an. Pesawat itu terbang dari Montevideo dan mendadak lenyap di pegunungan Andes. 72 hari pencarian, bangkai pesawat itu belum ditemukan. Keajaiban terjadi saat dua orang penumpang selamat bertemu dengan penduduk di sebuah desa di kaki pegunungan Andes setelah 10 hari berjalan kaki mencari bantuan. Dari keduanya diketahui masih ada 16 orang yang selamat namun mereka terpaksa memakan jasad penumpang lain demi bertahan hidup. Sampai kini lokasi hilang dan penyebab jatuhnya pesawat masih misterius.

Star Tiger Lenyap di Segitiga Bermuda
Kembali pesawat British South American Airways (BSAA) Star Tiger yang membawa 25 penumpang termasuk legenda Perang Dunia II, Sir Arthur Coningham, hilang di perairan Segitiga Bermuda pada 30 Januari 1948. Star Tiger melakukan perjalanan selama 12 jam menuju daratan Amerika Serikat dalam kondisi pesawat yang baik. Star Tiger rupanya diterjang cuaca buruk saat melintasi perbatasan Segitiga Bermuda dan mendadak hilang dari radar dan putus kontak setelah sebelumnya melaporkan keadaan pesawat baik-baik saja. Badai yang terbentuk secara mendadak di Segitiga Bermuda diduga menjadi penyebabnya.


Baca Juga: Kisah Istri Yang Paling Kejam Di Dunia

referensi:
http://www.kaskus.co.id/thread/53203a66faca1761190000ca/kasus-kasus-pesawat-hilang-paling-misterius-di-dunia-nih-gans-takuts-berdukas
http://berjambang.blogspot.com/2014/03/10-kasus-pesawat-hilang-paling.html
http://www.kapanlagi.com/plus/kasus-kasus-pesawat-hilang-paling-misterius-di-dunia-49deee-10.html
Share this article :
 
Copyright © 2014. Berita Unik dan Aneh Dunia - All Rights Reserved
design by maskolis published by mastemplate